Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 23 Februari 2013

Kehidupan Setelah Maut Menjemput


Judul buku        : Membongkar Rahasia Alam Akhirat
Penulis                  : Imam Al-Ghazali
Penerjemah           : Thohatul Choir
Penerjemah           : Mitra Pustaka
Tahun terbit          : 2005
Jumlah halaman    : 174 halaman

         
“ Setiap yang bernyawa pasti akan mati “ begitulah sabda Rasulullah.
Buku ini ditulis untuk membantu kita dalam memahami dan mengerti tentang kematian.Buku ini juga berisi tentang rahasia – rahasian alam akhirat yang bisa menyenangkan dan bisa juga mengerikan.Karangan Imam Al – Ghazali ini juga dilengkapi tentang perjalanan hidup manusia setelah dicabut nyawa dari diri seseorang , dan juga memaparkan mengenai kejadian saat nyawa dari seseorang akan dicabut. Dan bahwasanya kematian itu tidak dapat dipisahkan dari diri seseorang.

          “Satu kematian bisa lebih pedih rasanya dari pada 1000 sayatan pedang” begitulah sabda Rasulullah.Ketika ajal sudah datang menjemput, manusia tidak dapat lari atau pun bersembunyi dari malaikat pencabut nyawa. Dan pada saat itu juga seseorang yang akan dicabut nyawanya didatangi oleh 4 malikat. 2 malaikat akan mencabut nyawa dari telapak kaki dan 2 malaikat akan mencabut nyawa dari tangannya.Seseorang yang dirundung kematian akan kehilangan kesadarannya satu per satu. Saat nyawa telah tercabut dari hati maka pertama kali penglihatannya akan hilang,tetapi tidak demikian dengan pendengarannya. Saat nyawa itu dicabut rasanya seperti sebuah batang yang penuh dengan duri dan dimasukkan ke dalam perut seseorang , lalu akan datang orang bertubuh kekar yang akan menarik batang yang penuh dengan duri itu dengan sangat kuat.Ketika seseorang sedang dicabut nyawanya dia akan diberi tahu tentang perbutannya selama ini di dunia. Setelah mayat itu dikuburkan , akan didatangi oleh malaikat penanya kubur.
Jika amal  seseorang itu baik maka disebelah kanannya akan ditunjukkanjalan dan keindahan surga , tetapi jika amal seseorang itu buruk disebelah kirinya akan ditunjukkan jalan dan gambaran tentang neraka dan akan ditemani oleh binatang-binatang yang jelek sampai datangnya hari kiamat kelak.Begitulah isi dari buku yang diterjemahkan oleh Tholhatul Choir.
          Menurut saya buku ini sangat asyik untuk dibaca. Banyak ilmu yang bisa dipelajari dalam buku ini, banyak hikmah yang  dapat diambil.Juga penggambaran peristiwa yang mudah dipahami dengan contoh-contoh yang dapat membuat kita merasakan apa yang terjadi. Tetapi buku ini tidak dilengkapi oleh gambar-gambar yang dapat mendukung peristiwa demi peristiwa.

0 komentar:

Posting Komentar